Tuesday, June 17, 2014

Kiat Sukses Gilang Ramadhan Membangun 30 Sekolah Musik

Sebagai musisi yang aktif berkarya di bidangnya, Gilang Ramadhan memperluas produktivitasnya di bidang musik dengan mendirikan sekolah musik di berbagai kota. Iklim pertumbuhan penyanyi dan group band yang yang baik di Indonesia meningkatkan animo dan inspirasi bermusik bagi masyarakat sehingga membuat kebutuhan masyarakat akan sekolah musik semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan tingginya minat bermusik pada anak-anak hingga usia dewasa. Belajar musik bukan lagi suatu hal yang eksklusif akan tetapi sudah menjadi bagian dari penyaluran hobi dan ekspresi anak muda. Peluang ini dimanfaatkan oleh Gilang Ramadhan untuk merintis bisnis di bidang yang digelutinya.

Merintis Sekolah Musik
Merintis sekolah musik hingga membuatnya sukses dan memiliki banyak cabang saat ini bukanlah suatu perjalanan yang singkat. Gilang Ramadhan mengawali karir suksesnya dengan menjadi guru privat bagi siapa saja yang ingin belajar bermain drum. Gilang merupakan seorang musisi yang ahli bermain drum dan memiliki naluri mengajar yang baik sehingga ingin menularkan ilmunya kepada setiap orang yang ingin belajar. Awalnya privat ini masih terbatas karena kesibukan Gilang didunia hiburan.

Berbekal kemampuannya bermain musik dan mengajar, ia membuat konsep bisnis yang menciptakan hubungan sinergis antara kebutuan bermusik masyaraka t dengan ketersediaan lembaga belajar. Ia memiliki cita-cita akan musik sebagai kebutuhan bagi masyarakat sehingga tercipta hubungan yang saling membutuhkan dengan lembaga belajar musik. Konsep ide dan pengumpulan modal yang ia lakukan berhasil membuka Gilang Ramadhan Studio Band pertama di Samarind pada tahun 2008. Samarinda dipilihnya sebagai kota perintis karena animo yang tinggi pada bidang musik. Setelah menekuni bisnis ini, ternyata sekolah musik yang dirintisnya mendapat sambutan baik dari masyarakat. Dalam waktu 1,5 tahun sekolah musik gilang telah menambah pelatihan alat musik lain dan lebih bervariatif.

Meningkatkan Kerjasama
Selain keahlian dan ketekunan serta analisis pasar yang baik, dalam membangun sekolah musik diperlukan jaringan yang luas agar peluang bisnis semakin meningkat. Salah satu perluasan bisnis yang dilakukan ialah dengan menjalin kerjasama dengan pemilik modal untuk meningkatkan kualitas dan mengembangkan sekolah musik. Seiring dengan popularitas GRSB yang semakin meningkat, tawaran kerjasama pun berdatangan. Gilang sangat selektif dalam memilih partner. Kesamaan visi dan misi dalam bidang musik menjadi penekanan dan fokusnya agar sekolah musik semakin maju.
Referensi sekolah musik : http://id.yamaha.com/id/music_education/

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit