Tuesday, February 04, 2014

Alat Musik Tradisional Cina

Alat musik tradisional Cina mengacu pada semua jenis alat yang di gunakan dalam budaya yang dapat digolongkan dalam alat musik gesek, petik, tiup dan alat musik pukul. Alat  musik tradisional yang memiliki suara yang khas antara lain

•    Pipa

Pipa adalah alat musik petik tradisional China dengan sejarah yang telah berusia lebih dari 2000 tahun. Suaranya yang jernih membuat  pipa menjadi alat musik petik yang memegang posisi penting dalam musik tradisional China.

•    Yueqin

Yueqin atau gitar bulan adalah alat musik tradisional China. Alat musik ini memiliki 4 senar dengan bentuk modem dan yueqin menggunakan senar logam yang akhirnya akan memberikan suara yang sangat unik.

•    Dizi

Dizi adalah alat musik tiup berupa seruling yang berasal dari China. Dizi mempunyai 12 lubang yang terdiri dari satu lubang untuk meniup, satu lubang membrane, enam lubang untuk memainkan, empat lubang untuk memperbaiki tinggi rendahnya nada dan memasang pajangan.

•    Erhu

Erhu adalah alat musik tradisional Tiongkok. Erhu menggunakan dua senar yang terbuat dari sutra, tetapi sekarang  menggunakan senar dari logam. Erhu Alat musik di gesek dengan menggunakan busur yang terbuat dari bambu  dan rambut ekor kuda yang sesuai dan berkualitas bagus. Alat musik tradisional China ini memiliki bentuk yang sangat unik serta memiliki cerita bersejarah mengenai sejarah China. Selain sebagai alat musik tradisional juga dapat menjadi alat musik yang banyak mengandung sejarah.
Referensi : http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/
Referensi 2 : http://udahpunya.blogspot.com/2014/01/bentuklah-sebuah-band.html
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit