Friday, June 13, 2014

Tiga Cara Belajar Musik

Musik merupakan salah satu hal yang hampir semua orang pasti menyukainya. Jangankan anak muda, orang tua sekalipun pasti suka musik. Akan tetapi genre musik setiap generasi pastinya berbeda. Beberapa diantara kita pastinya ada yang memiliki minat lebih di dunia musik. Bagi anda-anda yang memiliki bakat atau ingin bisa bermain musik, ada 3 cara bagi anda untuk memperdalami dunia musik yaitu sekolah musik, kursus musik, atau belajar sendiri. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai memperdalam dunia musik.

Sekolah Musik
Kini anda dapat dengan mudah menemukan sekolah musik terutama di kota-kota besar. Sekolah-sekolah musik merupakan salah satu lokasi tepat bagi anda atau anak-anak anda untuk memerdalam kemampuan bermain musik. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda tahu mengenahi sekolah musik. Yang pertama adalah biaya. Sekolah musik umumnya tidak murah. Layaknya seperti sekolah umum lainnya, sekolah musik juga memiliki kurikulum dan ujian. Ketika lulus dari sekolah musik, kita akan mendapat ijazah dari sekolah musik. Dengan ijazah ini, kita tidak hanya akan memiliki kemampuan musik yang mahir namun juga mampu sebagai tiket untuk jenjang karir di dunia musik.

Kursus Musik
Yang kedua adalah kurus musik. Kursus musik biayanya lebih murah daripada sekolah musik. Kursus musik biasanya anda akan diajari secara privat oleh seorang musisi yang handal. Tentu saja musisi hanya bertugas mengajari anda sampai bisa. Kebanyakan kursus musik tidak meberikan ijazah setelah lulus, sehingga biayanya lebih terjangkau. Jika anda berminat , anda bisa meminta kurus musik dari para mahasiswa yang sedang kuliah dari institute seni. Umumnya mahasiswa juga memiliki kemampuan yang cukup untuk member kursus dari kelas dasar hingga menengah dengan harga yang lebih terjangkau. Anda juga bisa meminta mereka untuk mengajar kursus secara privat datang ke dalam rumah sehingga akan lebih mudah dan simple.

Otodidak/Belajar Sendiri
Cara yang terkhir adalah belajar sendiri. Saya tidak terlalu menyarankan untuk belajar musik sendiri. Musik merupakan kemampuan yang tidak mudah. Kalaupun anda memang berniat belajar sendiri memang ada jalan. Kini banyak tutorial di youtube yang mengajari cara bermain musik dengan metode yang sederhana. Akan tetapi belajar dengan guru atau sekolah musik lebih mudah dari pada harus belajar sendiri.
Referensi artikel: http://id.yamaha.com/id/music_education/

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit