Wednesday, December 18, 2013

Musik Jazz, musik kalangan elite

Musik Jazz merupakan salah satu genre musik yang memiliki penggemar cukup banyak di dunia, bahkan musik jazz ini kebanyakan digemari oleh orang-orang kalangan atas. Padahal melihat sejarah musik jazz sangat bertolak belakang dengan apa yang berkembang saat ini. Menurut beberapa sumber bahwa tradisi jazz berkembang di Amerika khususnya dikalangan orang-orang kulit hitam yang tertindas.

Di Indonesia musik jazz mulai dikenal dan berkembang pada tahun 1930 an yang dibawa oleh para musisi asal Filiphina  yang hendak mencari pekerjaan di Jakarta dengan bermain musik. Ada banyak musisi jazz yang cukup dikenal pada tahun 1945 - 1950an seperti Jack Lemmers (Ayah dari musisi Indra Lesmana) yang memainkan alat musik bass, Teddy chen, Jopy Chen, Bubi Chen, Dudu Pattirane,Mario Diaz, dan lain-lain. Mereka berhasil mempopulerkan musik jazz di Indonesia sehingga jumlah penggemarnya kian bertambah.


Salah satu tokoh musik jazz yang ikut andil dalam perkembangan musik jazz adalah Peter F. Gontha yang tiada lain adalah pemilik Jamz sekaligus pemrakarsa Java Jazz Festival yang saat ini sering di gelar di Indonesia khusunya di Jakarta.
Seperti kita ketahui bahwa musik jazz saat ini dianggap sebagai musik kalangan elite hal tersebut terlihat dari harga tiket setiap pertunjukan musik jazz seperti java jazz festival yang harganya cukup mahal diatas 500 ribu rupiah.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit