Monday, November 11, 2013

Shamisen Alat Musik Asal Jepang

Sama halnya dengan Indonesia yang mempunyai warisan kebudayaan berupa alat musik, Jepang juga memiliki alat musik tradisional yang cukup populer di Negara nya.Alat musik yang dimaksud  adalah shamisen.


Mungkin kita jarang mendengar nama shamisen, sebuah nama alat musik petik asal Jepang yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan San-gen. Alat musik ini terbuat dari kayu yang berbentuk segi empat dan ditiap sudutnya sedikit melengkung. Yang sedikit unik dari alat musik warisan nenek moyang Jepang ini di bagian depan serta belakang dilapisi kulit hewan yang fungsinya memperkeras bunyi alat musik tersebut.Kulit hewan tersebut berasal dari kulit kucing betina yang belum pernah kawin dan jenis shamisen ini disebut paling berkualitas, sedangkan shamisen yang dibuat dari kulit anjing kualitas suaranya tidak begitu bagus.


Alat musik shamisen berbentuk panjang layaknya sebuah gitar dan terdapat leher langsing tanpa fret.Senar dari shamisen berbahan dasar sutra dan setiap senar memiliki nama dilihat dari tingkat ketebalan. Senar yang paling tebal disebut ichi no ito pada senar pertama. Kemudian senar kedua disebut ni no ito dan senar ketiga disebut san no ito. Sampai sekarang keberadaan shamisen masih tetap dilestarikan oleh masyarakan Jepang terutama penduduk Okinawa.Baca juga gitar yang memiliki 12 senar

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit